Blogku ada di Google SERP halaman satu!

Blog tersebut merupakan blog berbayarku yang pertama yang sengaja aku buat untuk modal Pay Per Lead (PPL) dan Pay Per Sale (PPS). Postingan pertama tayang tanggal 9 Juni 2008.
Karena aku ingin ini jadi modal, maka fokus aku curahkan agar blog ini dibangun dengan baik. Betapa sulitnya pertama kali aku belajar mengaplikasikan WordPress di blog itu. Bahan konten sudah aku dapatkan (boleh beli sih dari paket Private Label Article…..), tinggal mencari kata kunci yang cocok dengan artikel tersebut, desain blog yang sesuai dengan topik, dan program PPL atau PPS yang oke.
(Mengenai cara membuat blog, nanti akan aku tulis langkahnya).

Benar-benar memakan waktu, karena aku pemula banget. Mana aku perlu mempraktekkan trik SEO untuk blog ini supaya dinilai bagus oleh Google dan didatangi para surfer Internet.

Secara ringkas, dari kata kunci yang mau aku bidik, aku beli nama domain yang sesuai juga. Bisa tebak dong apa kata kunciku berdasarkan screen shot di bawah. Karena pakai WordPress, ada beberapa plugin yang mendukung untuk SEO, misalnya All in One SEO Pack. Trus di WordPress ada fitur ping services, itu berguna untuk memberitahukan search engines kalau ada halaman baru yang dibuat atau diedit di Internet.

Aku tidak terlalu rajin melakukan tag and ping. Untuk tukeran link, aku join di LinkMarket.Net (yang free membership aja), ini sesuai saran dari Nisa, kamu bisa lihat halaman “Link Directory” blog itu. Makin ke sini, banyak juga terima e-mail dari blogger lain untuk tukeran link, mungkin karena aku ikutan MyBlogLog.com juga, di mana para blogger di komunitas kamu bisa melihat update dari blog-blog kamu.

Pelan-pelan usaha kelihatan hasilnya. Saat Google update di Oktober 2008, blog itu dapat Page Rank 1.
Wahhh, itu sudah menjadi pencapaian yang baik lho. Sayangnya, aku sempat gak update blog itu, jadinya PR-nya tidak naik-naik.

Beberapa hari lalu, aku cek di Google.com, melihat apakah blogku sudah masuk di halaman pertama pencarian? (Ngarep dehhh………..). Whoaaaa, untuk keyword yang aku target, setelah sekian lama, muncullah blogku itu di halaman pertama pencarian Google (SERP), di posisi ke-3. Ini tak aku sia-siakan untuk membuat screen shotnya.

 

Dua hari sebelumnya, dia masih di posisi paling bawah halaman pertama. Eh, hari ini, malah ke halaman kedua, hiks….. Tapi, untuk keyword yang lain, dia masih di halaman pertama, posisi kedua malah.

Walau hanya untuk sementara, aku merasa senang bahwa jerih payahku terbayar. Jerih payah belajar SEO.

Oh ya, ada satu blog lagi, yang update Google bulan Januari lalu dapat PR-2. Untuk keyword yang aku targetkan, dia di posisi pertama SERP, halaman pertama. Sepertinya karena aku pilih nama domain yang sesuai pula dengan keyword niche itu.

Mungkin kamu bertanya-tanya, SEO itu apa sih? Kok Si Mirna nyebut-nyebut itu terus?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Hmmm, nanti aku tulis deh postingan mengenai SEO, sesuai ukuran pengetahuanku ya. Atau kamu bisa Googling

Please follow and like us:

4 thoughts on “Blogku ada di Google SERP halaman satu!

  1. Alhamdulillah Mbak… Cuma aku blm cek, apakah jumlah yang mencari juga banyak.

  2. Makasih utk motivasinya. Triknya udah ada di paragraf 3 dan 4, aku baru tambahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.